Warning: Use of undefined constant TDC_PATH_LEGACY - assumed 'TDC_PATH_LEGACY' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/blesmjfd/rhemadigital.com/wp-content/plugins/td-composer/td-composer.php on line 109

Warning: Use of undefined constant TDSP_THEME_PATH - assumed 'TDSP_THEME_PATH' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/blesmjfd/rhemadigital.com/wp-content/plugins/td-composer/td-composer.php on line 113
RHEMA DIGITAL | Gereja Go Online, Peralatan Apa yang Harus Disiapkan?
Gereja Go Online, Peralatan Apa yang Harus Disiapkan?
213
post-template-default,single,single-post,postid-213,single-format-standard,theme-bridge,bridge-core-2.5.9,td-standard-pack,woocommerce-no-js,qode-page-transition-enabled,ajax_fade,page_not_loaded,,side_area_uncovered_from_content,columns-4,qode-theme-ver-24.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive,elementor-default,elementor-kit-15146

Gereja Go Online, Peralatan Apa yang Harus Disiapkan?

Gereja Go Online, Peralatan Apa yang Harus Disiapkan?

Saat ini gara-gara pandemi covid-19 hampir semua gereja harus mengadakan ibadah online. Gereja yang awalnya betah dan nyaman berkumpul di gedung gereja kini harus mengadakan ibadah online. Akhirnya banyak gereja yang tidak siap terutama mengenai peralatan yang dibutuhkan.

Nah sebenarnya apa saja sih peralatan yang dibutuhkan untuk membuat gereja menjadi online?

Dari sisi peralatan, untuk tipe basic maka Anda harus mempunyai :

  1. Koneksi internet yang memadai
  2. Kamera yang memadai untuk shooting
  3. Mixer yang terhubung dengan internet ( bisa download dan install di PC/laptop Anda ). Nantinya hasil dari shoot menggunakan kamera masuk kedalam PC/Laptop dan dari sana disiarkan ke youtube secara live.

Nah, untuk jenis ibadahnya ada 2 tipe yang Anda bisa pilih. Pertama adalah ibadah live atau yang kedua adalah recording atau rekaman saja.

Secara teknis, yang kedua lebih mudah, bisa diedit jika ada kesalahan dan tidak tergantung dengan koneksi internet saat dilakukan ibadah streaming langsung.

Sedangkan jika Anda atau gereja Anda memilih ibadah streaming, maka koneksi internet memegang peranan yang sangat penting.

Menurut situs www.ahaslides.com, Jika Anda menggunakan kamera apa pun selain ponsel Anda, Anda harus menghubungkan kamera Anda ke komputer Anda yang menjalankan perangkat lunak streaming. Untuk melakukannya, Anda memerlukan perangkat antarmuka video. Kabel HDMI akan menghubungkan kamera Anda ke perangkat antarmuka video, dan kabel USB akan menghubungkan perangkat yang terhubung ke laptop Anda. Dengan cara ini, laptop dapat menangkap sinyal video dari kamera. Untuk pemula, Anda bisa menggunakan a Antarmuka video IF-LINK.

 

Demikian pula, jika Anda menggunakan pengaturan mikrofon untuk merekam layanan gereja, laptop Anda akan memerlukan perangkat antarmuka audio. Ini bisa berupa konsol pencampur digital yang tersedia di gereja Anda. Kami merekomendasikan a Yamaha MG10XU 10-Input Stereo Mixer dengan antarmuka USB.

 

Pengalih Video

Meskipun tidak disarankan untuk gereja yang baru saja memulai investasi dalam menyiarkan langsung layanan gereja online mereka, tetapi jika gereja Anda merencanakan sistem multi-kamera untuk streaming Anda, Anda juga akan memerlukan pengalih video. Pengalih video mengambil input beberapa feed dari kamera dan audio Anda, mengirimkan feed mana yang Anda pilih untuk dikirim langsung, dan menambahkan efek transisi ke feed. Pengalih video entry level yang baik adalah a Desain Blackmagic ATEM Mini HDMI Live Switcher.

 

Streaming Software untuk Layanan Gereja Anda Livestream

Setelah peralatan Anda siap, Anda akan memerlukan perangkat lunak streaming untuk laptop Anda. Perangkat lunak ini memproses sinyal video dan audio dari kamera dan mikrofon Anda, menambahkan efek seperti teks dan tampilan slide, dan mengirimkan hasil akhirnya ke platform streaming langsung. Berikut adalah beberapa perangkat lunak streaming terbaik untuk pertimbangan Anda.

 

OBS

Buka Perangkat Lunak Broadcaster

Buka Broadcaster Software Studio (OBS dikenal umum) adalah perangkat lunak live-source open-source gratis. Ini kuat dan sangat dapat disesuaikan. OBS menawarkan semua fitur penting yang Anda butuhkan untuk membuat streaming langsung pertama Anda, tetapi tidak memiliki fitur canggih dari perangkat lunak berbayar profesional.

Karena ini adalah perangkat lunak bersumber terbuka, itu juga berarti bahwa tidak ada tim dukungan untuk membantu Anda dengan pertanyaan teknis Anda. Anda dapat mengajukan pertanyaan apa pun yang Anda miliki di forum dan mengharapkan pengguna lain membantu Anda. Tetapi Anda sebagian besar harus mandiri. Namun, ada beberapa panduan untuk membantu Anda memulai. Misalnya, Verge melakukannya pekerjaan yang bagus menjelaskan prosesnya.

VMix

VMix adalah perangkat lunak streaming langsung yang sangat baik untuk para profesional yang menggunakan sistem Windows. Ini menyediakan semua fitur yang Anda perlukan, termasuk hamparan animasi, tamu hosting, efek video langsung, dll. VMix mendukung berbagai input, dan merupakan pilihan yang baik untuk streaming langsung 4K.

Antarmuka yang ramping dan profesional, tetapi mungkin luar biasa bagi pengguna pertama kali. Namun, ia menawarkan dukungan teknis langsung dan membuat fitur yang paling canggih pun mudah dipelajari.

vMix hadir dengan sistem penetapan harga berjenjang mulai dari $ 60, sehingga Anda hanya perlu membayar untuk apa yang Anda butuhkan.

 

Wirecast

Telestream’s Wirecast sangat mirip dengan vMix, tetapi dapat berjalan di Mac OS. Satu-satunya kekurangan adalah bahwa perangkat lunak ini cukup intensif sumber daya, yang berarti Anda memerlukan komputer yang kuat untuk menjalankannya, dan harganya bisa sangat mahal, mulai dari $ 695.

 

Namun sebenarnya jika keuangan tidak mencukupi tidak perlu membeli kamera dan peralatan yang terlalu mahal, yang second juga tidak apa-apa. Itu juga bisa disiasati menggunakan system ibadah yang recording. Menggunakan HP juga tidak masalah kok.

Intinya adalah membawa gereja kedalam setiap rumah bukan? Dulu kita yang mendatangi gedung gereja, namun sekarang gereja ada didalam rumah kita.


Warning: Use of undefined constant TDC_PATH_LEGACY - assumed 'TDC_PATH_LEGACY' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/blesmjfd/rhemadigital.com/wp-content/plugins/td-composer/td-composer.php on line 109

Warning: Use of undefined constant TDSP_THEME_PATH - assumed 'TDSP_THEME_PATH' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/blesmjfd/rhemadigital.com/wp-content/plugins/td-composer/td-composer.php on line 113
No Comments

Post A Comment